12/03/11

AUTO COMPLETE DENGAN CTRL+ENTER

Sebagai "Computer Boy" yang sangat erat hubungannya dengan dunia maya memungkinkan untuk menambah wawasan lebih banyak agar tidak disebut orang salju, gaptek atau lain sebagainya. Khususnya wawasan dunia bloging, wawasan yang dimaksud adalah memungkinkan untuk condong ke yang lebih besar (mis : menambahkan audio kehalaman web, agar ketika orang membuka halaman web tersebut akan diiringi lagu) daripada ke yang lebih kecil (mis : membuat teks berjalan di blog). Hal ini juga bisa terjadi juga dengan hal yang lebih dari yang kecil pada kehidupan dengan komputer, yaitu shortcut key atau sering disebut hot key, shortcut dengan menggunakan keyboard.


Ya...!! sepintas hal ini memang sepele namun dari kesepelean itu kita banyak tertinggal daripada orang yang tidak menganggap hal ini sepele. Kita misalkan ketika kita bekerja di Ms. Office, bandingkan waktu perdetik anda untuk membuat huruf Bold menggunakan mouse daripada hanya menekan tombol Ctrl+B. Ini juga dapat kita lakukan ketika kita melakukan browsing di browser ada hotkey yang dapat mempercepat kita dalam hal pengetikan URL suatu alamat web yaitu Ctrl+Enter. "Kebanyakan teori lae....... Langsung aja..........!!!"
OK!!!
Mungkin Anda belum tahu, bahwa ternyata ada lumayan banyak hal yang bisa dikerjakan oleh dua tombol tersebut CTRL+Enter. Apa saja yang bisa kita lakukan dengan shortcut keyboard CTRL+Enter tersebut? Mari kita jelajah satu per satu.
Bagi Anda yang suka surfing, biasanya seringkali kita ingin mengetikkan url sesingkat mungkin. Nah gabungan dua tombol ini juga memiliki fungsi pada browser. Kebanyakan browser mendukung penggunaan shortcut ini.
Pada browser, shortcut CTRL+Enter akan secara otomatis menambahkan http dan .com pada URL yang sedang Anda ketik. Jadi ketika Anda mengetik google dan kemudian Anda tekan CTRL+Enter. Secara otomatis url-nya akan menjadi http://google.com.
Kombinasi lain yang dapat dipakai pada browser adalah Shift+Enter dan CTRL+Shift+Enter. Shift+Enter berguna untuk menambahkan .net. Sedangkan CTRL+Shift+Enter berguna untuk menambahkan .org.
Nah, jika Anda menambahkan tombol ALT pada semua shortcut di atas. Maka hasil dari kombinasi di atas akan terbuka pada window baru. Misal, jika Anda mengetik google kemudian menekan ALT+CTRL+Enter maka akan terbuka jendela baru dengan alamat http://google.com.

Nah lumayan banyak kan fungsinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Bantu Saya Untuk Membagikan Halaman Ini Di :

FBC