22/02/11

SAYA ADALAH BATAK PAKPAK

Batak adalah merupakan nama Suku Asli yang mendiami Provinsi Sumatera Utara, walaupun tinggal dalam satu provinsi Batak itu memiliki bagian-bagian dan bermacam bahasa bahkan pembagian daerah yang berbeda-beda juga serta banyak marga. Batak itu terdiri dari 6 macam suku yaitu :

  • Batak Toba
  • Batak Karo
  • Batak Pakpak lebih dikenal Batak Dairi
  • Batak Simalungun
  • Batak Mandailing
  • Batak Angkola.

Saya termasuk Batak Pakpak, dan memiliki bahasa yaitu bahasa Pakpak dimana Bahasa Pakpak dipakai oleh penduduk yang bermukim di wilayah Kabupaten DairiPakpak Bharat di Sumatera Utara dan sebagian wilayah kabupaten Singkil daratan di Aceh.

Bahasa Pakpak juga terdapat di wilayah Parlilitan yang masuk wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan dan wilayah Manduamas yang merupakan bagian dari Kabupaten Tapanuli Tengah. Sedangkan marga-marga yang ada di Batak Pakpak adalah :
  • Anakampun
  • Angkat
  • Bako
  • Bancin
  • Banurea
  • Berampu
  • Berasa
  • Beringin
  • Berutu
  • Bintang
  • Boang Manalu
  • Capah
  • Dabutar
  • Cibro
  • Gajah Manik
  • Gajah
  • Kabeaken
  • Kesogihen
  • Kaloko
  • Kombih
  • Kudadiri
  • Lembeng
  • Lingga
  • Maha
  • Maharaja
  • Manik
  • Matanari
  • Meka
  • Maibang
  • Padang
  • Padang Batanghari (BTH)
  • Pasi
  • Penarik Pinayungan
  • Sambo
  • SARAAN
  • Sikettang
  • Sinamo
  • Sitakar
  • Sitongkir
  • Solin
  • Saing
  • Tendang
  • Tinambunan
  • Tinendung
  • Tumangger
  • Turutan
  • Ujung

Saya Asli keturunan dari Batak Pakpak itu sendiri dimana ibu Saya adalah boru Tumangger. Demikian alasan saya membuat judul blog saya BATAK MAN dimana "Saya Tidak Malu Jadi Orang Batak".

0 komentar:

Posting Komentar

Bantu Saya Untuk Membagikan Halaman Ini Di :

FBC